Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Dan Contoh Lengkap

Posted on

Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Dan Contoh Lengkap

Teks Iklan – Hampir setiap hari kita mendapati beragam jenis iklan yang menawarkan barang/jasa yang ditawarkan, melalui beragam media seperti televisi, radio, internet, koran, maupun media lain. Tujuannya supaya orang lain membeli/menikmati barang/jasa, sehingga teks iklan harus memiliki struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan adalah salah satu media promosi yang efektif untuk mempromosikan barang/jasa pada masyarakat, yang dibuat semenarik mungkin dan tujuannya supaya masyarakat tertarik membeli, mengenali dan menikmati barang/jasa itu.
Iklan dapat disampaikan melalui media cetak (koran, majalah, dll), maupun elektronik (radio, internet, televisi,  dll). Iklan juga bisa ditemui dalam bentuk brosur, spanduk, dan poster. Dengan tujuan menarik perhatian masyarakat, sehingga teks iklan adalah persuasif.
Tapi tak selamanya iklan mengenal hal yang komersil, bisa juga isinya tentang layanan masyarakat yang dibuat oleh instansi pemerintah/swasta dalam mendukung program yang dilaksanakan.

Syarat Iklan

  • Sesuai fakta (jujur) dan objektif
  • Singkat, jelas, padat, mudah dipahami
  • Tidak menyinggung pihak lain
  • Tepat sasaran
  • Kata-kata sopan, menarik, logis

Struktur Teks Iklan

  1. Judul. Adalah bagian yang disimpan di bagian paling atas dan dilihat pertama kalinya oleh setiap pembaca, tetapi tak semua iklan mencantumkan judul.
  2. Nama Produk/Jasa. Adalah bagian yang isinya nama produk/jasa yang ditawarkan.
  3. Deskripsi. Adalah bagian yang menjelaskan produk/jasa yang ditawarkan pada masyarakat, ditulis dengan menarik dan bagaimana cara mendapatkan produk itu, alamat atau nomor yang dapat dihubungi.

Fungsi

  1. Sebagai upaya pendekatan / persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli)
  2. Sebagai informasi untuk menyampaikan produk baru
  3. Sebagai pengingat agar konsumen selalu menggunakan produk tersebut

Ciri iklan yang baik

  1. Mempunyai sasaran yang jelas dengan menentukan target konsumen. Lalu menentukan media pasang iklan serta penetapan konsumen yang tergantung pada harga, distribusi, kualitas.
  2. Mempunyai fokus atau hal yang ingin diberitahukan dari produk/jasa yang diiklankan tersebut.
  3. Mempunyai daya tarik hingga konsumen yang dibidik bisa berhenti dan memerhatikan isi iklan. Bukan hanya kata yang memikat, daya tarik iklan juga muncul karena desainnya menarik.
  4. Sajikan iklan dengan bagus dan menarik.
  5. Komunikasi iklan memiliki empat unsur utama, yaitu :
  • Pengirim iklan. Adalah produsen atau di dalam bisnis periklanan dan diwakili oleh biro iklan.
  • Isi iklan di dalam headline tak lebih dari 10 kata dan diharapkan konsumen bisa memperoleh banyak informasi mengenai produk dan jasa.

Kaidah Kebahasaan

Menggunakan slogan

Slogan adalah kalimat yang mudah diingat, menarik, dan mencolok. Biasanya slogan berupa susunan kata tertentu yang memberi penjelasan singkat ada produk barang/jasa sehingga mudah diingat. Contohnya :

  • Merdeka atau mati
  • Say no to drugs

Kalimat Persuasif

Tujuan kalimat ini yaitu meyakinkan dan membujuk pembaca supaya menerima gagasan penulis pada suatu hal. Ada beberapa kalimat persuasif di dalam produk tersebut.

Memakai Subjek Orang Pertama

Biasanya, teks iklan akan menggunakan subjek orang pertama atau tunggal / jamak Seperti aku, saya, dan kami, untuk mengganti instansi pemasang iklan. Subjek yang dipakai di teks iklan itu ialah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.

Contoh Teks Iklan


Demikian pengertian teks iklan yang diikuti dengan struktur dan contohnya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam membuat sebuah iklan yang menarik. Dan semoga memberi manfaat.
Baca Juga :