Strategi Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Strategi Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Strategi Pemasaran – Adalah upaya memasarkan produk, baik barang/jasa, dengan memakai pola rencana dan suatu taktik sehingga jumlah penjualannya menjadi lebih tinggi. Pengertian lainnya yaitu rangkaian upaya yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan, karena potensi dalam menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal itu.

Strategi pemasaran memiliki peran penting di perusahaan/bisnis, karena fungsinya untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan baik harga barang/jasa. Berikut ini faktor penentu nilai harga barang/jasa, yaitu :

  • Produksi
  • Pemasaran
  • Konsumsi

Dalam hal ini pemasaran menjadi bagian yang menghubungkan kegiatan produksi serta konsumsi.

Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

  1. Menurut Kotler dan Amstrong (2008), pengertian strategi pemasaran adalah logika pemasaran yang dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai serta mendapat keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.
  2. Menurut Kurtz (2008), pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan harga.
  3. Menurut Philip Kotler, pengertian strategi pemasaran adalah mindset pemasaran yang akan dipakai untuk mencapai tujuan pemasaran yang dimana di dalamnya ada strategi rinci tentang pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.
  4. Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan. Melalui pasar yang dimasuki serta program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.
  5. Menurut Stanton, pengertian strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi seluruh sistem yang mempunyai hubungan yang tujuannya untuk merencanakan serta menentukan harga sampai mempromosikan serta menyalurkan produk barang/jasa yang bisa memuaskan konsumen.

Fungsi Strategi Pemasaran

1. Meningkatkan Motivasi untuk Melihat Masa Depan
Strategi pemasaran berupaya untuk memotivasi manajemen perusahaan supaya berpikir serta melihat masa depan, dengan cara yang berbeda. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan perusahaan di masa yang akan datang. Penting untuk perusahaan dalam mengikuti ritme pasar, tetapi terkadang perusahaan juga harus mempunyai gebrakan baru.
2. Koordinasi Pemasaran yang Lebih Efektif
Setiap perusahaan pasti memiliki strategi pemasarannya sendiri. Yang fungsinya untuk mengatur arah jalan perusahaan hingga membentuk tim koordinasi yang lebih efektif serta tepat sasaran.
3. Merumuskan Tujuan Perusahaan
Para pelaku usaha ingin melihat dengan jelas apa tujuan perusahaan. Dengan strategi pemasaran maka pelaku usaha akan terbantu dalam membuat detail tujuan yang ingin dicapai, baik jangka pendek/panjang.
4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran
Perusahaan juga akan mempunyai standar prestasi kerja setiap anggotanya. Sehingga pengawasan kegiatan para anggota akan lebih mudah dipantau dalam memperoleh mutu serta kualitas kerja yang efektif.

Tujuan Strategi Pemasaran

  • Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran
  • Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan
  • Sebagai dasar logis dalam mengambil keputusan pemasaran
  • Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran

Konsep Strategi Pemasaran

Banyak ahli marketing yang mengatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci utama dari konsep pemasaran dan strategi pemasaran. Dengan kata lain, perusahaan mempunyai caranya sendiri untuk melakukan proses marketing sesuai dengan karakteristik dan kesanggupannya masing-masing.
Tujuan akhir marketing tetap bermuara pada tercapainya kepuasan konsumen. Berikut ini lima konsep strategi pemasaran :

Segmentasi Pasar

Setiap konsumen tentu mempunyai kebutuhan serta kebiasaan berbeda. Dan perusahaan harus melakukan klasifikasi pasar yang bersifat heterogen, menjadi satuan pasar yang sifatnya homogen.

Market Positioning

Tak ada pasar yang dapat menguasai seluruh pasar. Itulah sebabnya perusahaan harus mempunyai pola yang spesifik untuk memperoleh posisi yang kuat dalam pasar, yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan.

Market Entry Strategy

Beberapa cara yang biasanya dilakukan, yaitu :

  • Membeli Perusahaan Lain
  • Internal Development
  • Kerjasama Dengan Perusahaan Lain

Marketing Mix Strategy

Adalah kumpulan beberapa variabel yang sudah dipakai perusahaan dalam memengaruhi tanggapan konsumen. Variabel ini diantaranya yaitu :

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • Participant
  • Process
  • People Physical Evidence

Timing Strategy

Pemilihan waktu dalam melakukan pemasaran juga penting untuk diperhatikan. Perusahaan harus melakukan beragam persiapan yang baik di bidang produksi, serta menentukan waktu yang tepat dalam mendistribusikan produk ke pasar.

Contoh Strategi Pemasaran

Berikut ini strategi pemasaran yang dapat anda terapkan :

Partnership

Ada sejumlah keuntungan dalam partnership, misalnya berkolaborasi dengan pihak lainnya. Strategi pemasaran ini murah dan memiliki peluang untuk sukses.

Bekerjasama dengan Influencer

Influencer seperti misalnya selebgram bisa memberi pengaruh pada penjualan anda, dengan jangkauan follower yang besar. Saat anda mengontak influencer dalam mempromosikan produk anda bukan hal yang tak mungkin untuk memperoleh keuntungan yang berlipat. Bukan hanya selebgram, tetapi vlogger dan blogger juga bisa berpengaruh bagi bisnis anda.

Melibatkan Karyawan

Tak ada salahnya melibatkan karyawan dalam project anda. Cobalah sesekali untuk membuat iklan yang lucu yang melibatkan karyawan anda. Tentu hal ini mempunyai efek ganda. Mereka akan dengan senang hati menshare video perusahaan, disamping meningkatkan efektivitas kerja. Karyawan akan bangga ketika dilibatkan dengan proyek perusahaan.

Menjaga Pelanggan Lama

Manjakan pelanggan lama anda karena mereka adalah pelanggan yang loyal dalam membeli produk anda. Beri bonus kecil untuk mereka, karena mereka adalah pelanggan paling loyal yang mempromosikan produk anda.

Perbedaan Strategi Pemasaran dan Marketing Plan

Strategi pemasaran adalah penjelasan mengenai goal yang harus anda capai dalam usaha yang dijalankan. Anda cukup melihat pada bisnis goal yang telah dirancang. Sedangkan marketing plan adalah perencanaan tentang bagaimana kita mencapai marketing goal, yang telah diatur. Marketing plan lebih mengarah pada peta/pemandu dari satu langkah ke langkah yang lainnya.
Sekian pembahasan tentang Pengertian Strategi Pemasaran yang disertai dengan fungsi, tujuan, konsep dan juga contohnya lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan bisa menambah wawasan anda.
Baca Juga :