Sejarah Agama Hindu Di Indonesia Lengkap

1 min read

Sejarah Agama Hindu Di Indonesia Lengkap

Sejarah Agama Hindu – Agama Hindu adalah salah satu agama yang diakui di Indonesia. Mayoritas pemeluknya ada di Indonesia, dan mayoritas pemerluk agama Hindu di Indonesia berada di daerah Pulau Bali. Walaupun di daerah lainnya juga cukup banyak, agama Hindu adalah agama yang bersejarah bagi Indonesia.

Agama Hindu lahir karena latar belakang yang telah tercantum dalam sejarah agama Hindu, yang dimana sering kita ketahui bahwa agama ini memiliki beragam kasta di kalangan masyarakatnya. Dan juga memiliki beragam Dewa yang mereka sembah. Tapi menurut R. Antoine sangat sulit jika mendefinisikan Hinduisme, karena Hinduisme bukan agama yang hanya syahadat tunggal yang dimana semua orang tak harus mematuhinya.
Hinduisme ini lebih cocok sebagai sebuah federasi beragam pendekatan pada realitas yang berada di balik kehidupan. Tapi di Indonesia sendiri agama ini telah diakui pemerintah, dan agama Hindu merupakan salah satu agama yang telah disahkan di Indonesia.

Sejarah Agama Hindu

Agama Hindu lahir, tumbuh dan berkembang dari tradisi yang telah diajarkan oleh Kitab Weda. Yang dimana penganut kitab ini berasal dari bangsa Arya. Sekitar tahun 1500 SM, bangsa Arya mulai memasuki wilayah India. Dalam perkiraan bangsa Arya, memasuki India dengan melalui celah kaiber dengan cara bergelombang.
Suatu hari Suku Arya pernah mendiami lembah indus dan mendesak suku Dravida, harus kita ingat bahwa bangsa Dravida memiliki pusat yaitu di Mohenjo Daro serta Harappa. Karena Bangsa Dravida terdesak oleh Bangsa Arya, maka peradaban dari Mohenjo Daro dan Harappa mengalami kemunduran. Lalu bangsa Arya menyebar ke berbagai wilayah yaitu Lembah Sungai Gangga dan Yamuna. Dalam penyebarannya, bangsa Arya melangsungkan pernikahan dengan bangsa Dravida lalu terbentuklah masyarakat dengan generasi baru.
Masyarakat dengan generasi baru ini disebut dengan bangsa Hindu. Tradisi dan kepercayaan yang dianut oleh bangsa Hindu lalu disebut dengan agama dan kepercayaan Hindu. Walaupun perubahan dari bangsa Arya dan Dravida berubah ke Zaman Hindu, tapi ajaran yang mereka anut tetap memakai Kitab Weda yang pernah dipakai oleh bangsa Arya.
Agama Hindu merupakan agama yang menyembah dan juga memuja Dewa. Dewa yang paling utama disebut dengan Trimurti, yang merupakan kesatuan dari tiga dewa.

Trimurti (Kesatuan Tiga Dewa)

  1. Dewa Brahma (Sebagai Pencipta)
  2. Dewa Wisnu (Sebagai Dewa Pemelihara)
  3. Dewa Siwa (Sebagai Dewa Pelebur)

Dalam praktik pemujaan dewa tersebut diwujudkan dalam bentuk patung. Yang dimana patung menjadi unsur yang paling penting untuk agama Hindu. Sumber ajarannya yaitu Kitab Weda yang adalah kitab suci agama Hindu. Kitab Weda dibagi menjadi empat bagian, diantaranya yaitu :

Empat Bagian Kitab Weda

  1. Rigweda yang berisi puji-pujian bagi para dewa
  2. Samaweda yang berisi nyanyian suci
  3. Yayurweda yang berisi mantera-mantera
  4. Atharwaweda yang berisi doa-doa sebagai pengobatan

Agama Hindu juga dibagi menjadi empat kelas atau yang biasa disebut dengan kasta, yaitu :

  1. Kasta Brahmana yang terdiri dari para pendeta
  2. Kasta Kesatria yang terdiri dari para raja dan juga keluarganya, para bangsawa, dan juga para prajurit
  3. Kasta Waisya yang terdiri dari para pengusaha, para pedagang dan juga para petani
  4. Kasta Sudra yang terdiri dari pelayan, pekerja kasar, dan juga rakyat jelata

Sekian sejarah agama Hindu yang lengkap di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang sejarah dalam agama Hindu di Indonesia, dan semoga memberi manfaat.
Baca Juga :