Pengertian Semantik Menurut Para Ahli – Unsur Dan Jenisnya Lengkap

3 min read

Pengertian Semantik Menurut Para Ahli – Unsur Dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Semantik Menurut Para Ahli – Semantik adalah cabang lingusitik yang mempelajari tentang arti/makna yang terkandung dalam bahasa, kode, dan jenis representasi lainnya. Bahasa lainnya semantik adalah pembelajaran mengenai makna. Semantik sering dikaitkan dengan dua aspek lainnya, yaitu pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana serta pragmatika pada penggunaan praktis simbol oleh komunitas di konteks tertentu.

Pengertian lainnya yaitu pembelajaran mengenai arti yang digunakan untuk memahami ekspresi manusia melalui bahasa. Bentuk lainnya dari semantik adalah bahasa pemrograman, logika formal dan semiotika.

Pengertian Semantik Menurut Para Ahli

  1. Pengertian Semantik menurut Lyons adalah The term semantics is of relatively origin, being coined in the late ningteenth century froma Greek verb meaning to signify. Artinya semantik merupakan istilah asal yang relatif baru, yang diciptakan di akhir abad ke 19 dari arti kata kerja Yunani yang diartikan untuk menandakan.
  2. Pengertian Semantik menurut Palmer adalah Semantics is the technical term used to refer to the study of meaning, and since meaning is part of language, semantics is a linguistic. Artinya semantik merupakan istilah yang merujuk di suatu studi tentang makna, karena makna adalah bagian dari bahasa. Sehingga semantik menjadi bagian dari linguistik.
  3. Pengertian Semantik menurut Kridalaksana adalah bagian dari struktur bahasa yang berkaitan dengan makna ungkapan dan dengan struktur makna suatu wicara.
  4. Pengertian Semantik menurut KBBI adlah arti, maksud pembicara dan penulis, atau pengertian yang diberikan pada suatu bentuk pembahasan.
  5. Pengertian Semantik menurut Kreidler adalah Semantics is the systematic study of meaning, and linguistic semantics is the study of how languages organize and express meanings. Artinya semantik merupakan sistematik makna, sedangkan semantik linguistik adalah studi dari bagaimana mengorganisasikan serta mengekspresikan makna.
  6. Pengertian Semantik menurut Tarigan adalah menelaah lambang/tanda yang menyatakan makna, hubungan makna yang satu dengan yang lainnya, serta pengaruhnya pada manusia dan juga masyarakat.
  7. Pengertian Semantik menurut Griffiths adalah Semantics is the study of the “toolkit” for meaning: knowledge encoded in the vocabulary of the language and in its patterns for building more eleborate meanings, up to the level of sentence meanings. Artinya ialah studi tentang makna, pengetahuan mengenai kode dan kosakata bahasa serta pola untuk membangun makna yang lebih rumit, hingga ke tingkat makna kalimat.
  8. Pengertian Semantik menurut Chaer, dalam semantik yang dibahas adalah hubungan antara kata dengan konsep atau makna dari kata itu. Dan juga benda/hal yang dirujuk oleh makna yang ada di luar bahasa.

Unsur-Unsur Semantik

Tanda dan Lambang (Simbol)

Adalah dua unsur dalam bahasa. Tanda dikembangkan menjadi teori yang disebut dengan semiotik. Semiotik memiliki aspek yang berkaitan dengan ilmu bahasa, yaitu aspek sintaksis, aspek pragmatik, aspek semantik.

Makna Leksikal dan Hubungan Referensial

Unsur leksikal adalah unit paling kecil dalam sistem makna ilmu bahasa dan keberadaannya, serta bisa dibedakan dari unit kecil lainnya. Makna leksikal bisa berbentuk categorematical dan syscategorematical, yang merupakan semua kata dan impleksi. Kelompok ilmiah dengan arti makna struktural yang harus diartikan dalam satuan konstruksi. Dan hubungan referensial adalah hubungan yang ada pada suatu kata, serta dunia luar bahasa yang diacu pembicaraan.

Penamaan

Adalah proses pencarian lambang bahasa untuk menggambarkan objek konsep, proses dan sebagainya. Sering juga menggunakan perbendaharaan yang ada, antara lain seperti perubahan makna yang mungkin dengan pencitraan atau dengan pencitraan kata atau kelompok kata.

Jenis-Jenis Semantik

Semantik Konseptual

Adalah makna denotatif atau magna kognitif yang menjadi faktor sentral dalam komunikasi bahasa. Karena adanya makna konseptual yang memiliki susunan yang sangat kompleks dan juga rumit.

Semantik Gramatikal

Semantik ini sama dengan  afiksasi, reduplikasi, komposisi, atau kalmatisasi. Contohnya proses fiksasi prefiks ber dan baju, makna gramatikal yang diperoleh adalah mengenakan baju.

Semantik Referensial

Adalah makna di leksem yang berdasarkan referensi atau acuannya. Kata yang memiliki makna memiliki acuan kehidupan sekitar. Misalnya kata ayam, merah dan sebagainya.

Semantik Istilah

Adalah makna yang pasti, jelas, tak meragukan meskipun konteksnya kalimat. Sehingga istilah itu disebut bebas konteks, dan kata tidak bebas konteks. Tapi harus diingat istilah hanya bisa digunakan di bidang keilmuan atau suatu aktivitas.

Semantik Peribahasa

Adalah makna yang masih bisa ditelusuri/dilacak dari makna unsurnya, karena ada asosiasi diantara makna asli dengan peribahasa.

Semantik Asosiatif

Adalah makna yang memiliki leksem atau kata yang berkaitan dengan adanya hubungan kata dengan sesuatu di luar bahasa. Contohnya kata merah berasosiasi dengan keberanian, kata “hitam” berasosiasi dengan kejahatan.

Semantik Denotatif

Adalah makna asli atau makna sebenarnya yang memiliki leksem. Sehingga makna semantik ini sama dengan leksikal.

Makna Non Referensial

Adalah makna yang tidak mempunyai acuan/referensi. Kata dan karena, supaya, tidak termasuk dalam kata yang memiliki makna referensial karena tak memiliki referensi.

Makna Sempit

Adalah makna yang lebih sempit dari seluruh ujaran. Makna luas bisa menyempit atau kata yang asalnya memiliki makna luas atau generik bisa bermakna sempit atau spesifik karena dibatasi.

Makna Luas

Makna luas adalah makna yang ada di dalam satu kata yang lebih luas dari yang diperikirakan. Makna luas memiliki makna ujaran yang lebih luas dibanding makna pusatnya. Contohnya makna sekolah di kalima “ia bersekolah lagi di sekolah” yang lebih luas dari makna “gedung tempat belajar”.

Makna Kata

Adalah makna yang lebih jelas, yang ada oleh kata bila kata itu sudah berada di konteks kalimat atau konteks situasinya.

Makna Konotitatif

Adalah makna lain yang ditambahkan di makna denotatif yang ada di suatu leksem.

Makna Idiomatikal

Adalah satuan ujaran yang memiliki makna tak dapat diramalkan dari unsurnya, baik dengan leksikal atau secara gramatikal.

Makna Kias

Adalah oposisi dalam arti yang sebenarnya. Semua bentuk bahasa baik kata, frase, maupun kalimat yang tidak merujuk pada arti sebenarnya baik arti leksikal, arti konseptual atau artik denotatif yang dinamakan mempunyai arti kiasan. Contohnya puteri malam yang bearti bulan dan raja siang berarti matahari.
Itulah ulasan mengenai Pengertian Semantik Menurut Para Ahli yang lengkap dengan penjelasan, unsur dan jenis-jenisnya. Semoga dapat menambah wawasan anda dan memberi manfaat bagi anda semua.
Baca Juga :