Pengertian Pembangunan Berkelanjutan : Ciri, Tujuan, Syarat, Prinsip Dan Contohnya Lengkap

3 min read

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan : Ciri, Tujuan, Syarat, Prinsip Dan Contohnya Lengkap

Prinsip Pembangunan Berkelanjutan – Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan yang sekaran, tanpa harus mengurangi kemampuan dalam memenuhi kebutuhan generasi yang akan datang.

Definisi pembangunan berkesinambungan adalah pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia, melalui pemanfaatan sumber daya alam dengan bijak, efisien dan memperhatikan pemanfaatannya baik untuk generasi sekarang maupun generasi masa depan.
Proses pembangunan berkelanjutan yaitu dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam dan iptek. Dengan menserasikan ketiga komponen itu, maka hasilnya akan berkesinambungan.

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Para Ahli

  1. Pengertian pembangunan berkelanjutan dalam Stockholm United Nation Conference on Human Enviromental atau Deklarasi Stockholm adalah segala sumber daya alam di bumi, termasuk udara, air, tanah, flora dan fauna, khususnya yang mewakili bagian ekosistem alam. Yang harus dijaga agar aman untuk kepentingan generasi sekarang dan masa depan, melalui perencanaan/manajemen yang sesuai dan hati-hati.
  2. Pengertian pembangunan berkelanjutan dalam World Commission On Enviromental Development (WCED) adalah pembangunan yang berusaha memenuhi kebutuhan hari ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya.
  3. Pengertian pembangunan berkelanjutan atau sustainable development menurut Brutland Report dalam sidang PBB tahun 1987 adalah proses pembangunan dengan prinsip untuk memenuhi kebutuhan yang sekarang, tanpa mengorbankan kebutuhan untuk generasi yang akan datang.
  4. Pengertian pembangunan berkelanjutan menurut Budiharjo dan Sudjarto adalah kota, yang dalam perkembangannya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat maka kini. Serta mampu berkompetisi dalam ekonomi global dengan cara mempertahankan keserasian lingkungan vitalitas sosial, budaya, politik, dan pertahanan keamanannya. Tanpa harus mengabaikan/mengurangi kemampuan pada generasi mendatang dalam pemenuhan kebutuhannya.
  5. Pengertian pembangunan berkelanjutan dalam Konferensi Tingkat Tinggi mengenai Pembangunan Berkelanjutan di tahun 2002 adalah kondisi dimana masyarakat dapat menentukan dirinya sendiri yang disiapkan dalam perdagangan bebas multilateral dengan syarat terciptanya tata pemerintahan yang baik (good goverment).
  6. Pengertian pembangunan berkelanjutan menurut Sudharta P. Hadi dalam bukunya yang berjudul “Opcit” tahun 2007 adalah konsep pembangunan yang menyelaraskan kepentingan pembangunan dengan pengelolaan lingkungan.

Ciri-Ciri Pembangunan Berkelanjutan

  1. Memberi kemungkinan kelangsungan hidup dengan cara melestarikan fungsi serta kemampuan ekosistem yang mendukung, baik secara langsung maupun tak langsung.
  2. Memanfaatkan sumber daya alam dengan cara menggunakan teknologi yang tak merusak lingkungan.
  3. Memberi kesempatan pada beragam sektor dan kegiatan lainnya untuk berkembang bersama pada setiap daerah, baik dalam kurun waktu yang sama atau berbeda dengan berkesinambungan.
  4. Melestarikan dan meningkatkan kemampuan serta fungsi ekosistem untuk memasok, melindungi dan mendukung sumber daya alam secara berkesinambungan.
  5. Menggunakan prosedur serta cara yang memerhatikan kelestarian fungsi serta kemampuan ekosistem untuk mendukung kehidupan baik untuk masa sekarang atau masa depan.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

  • Mengatasi segala bentuk kemiskinan di semua tempat(baik desa, kota dan lain sebagainya)
  • Memastikan pendidikan yang layak, berkualitas dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang
  • Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan
  • Mengakhiri kelaparan dengan menggalakan pertanian berkelanjutan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi.
  • Menjamin akses air dan sanitasi bagi semua orang
  • Menggalakan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua umur
  • Memastikan akses energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan dan modern
  • Mengurangi kesenjangan baik dalam dan antar negara
  • Membangun infrastruktur yang kuat, mempromosikan industrial berkelanjutan dan mendorong inovasi.
  • Mempromosikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inklusif serta lapangan pekerjaan yang layak bagi semua orang.
  • Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan
  • Menjadikan perkotaan inklusif, aman, kuat dan berkelanjutan
  • Mengambil langkah penting untuk melawan perubahan iklim beserta dampaknya
  • Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.
  • Melindungi dan menggunakan samudra, laut dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan
  • Menghidupkan kemitraan global kembali guna pembangunan berkelanjutan
  • Mendorong masyarakat yang adil, damai dan inklusif.
  • Mengelola hutan secara berkelanjutan, melawan perubahan lahan menjadi gurun, menghentikan dan merehabilitasi kerusakan lahan, serta menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati.

Syarat Pembangunan Berkelanjutan

  • Menempatkan kegiatan dan proyek pembangunan pada wilayah dan perwilayahan yang benar secara ekologis.
  • Pemanfaatan sumber daya terbarukan yang tidak boleh melebihi kapasitas yang diberikan.
  • Pembuangan beragam limbah industri dan rumah tangga yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.
  • Perubahan ekologis yang terjadi di dalam, sangatlah tidak diperbolehkan untuk melebihi kapasitas dari serangkaian daya dukung terhadap lingkungan.

Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Equity (Pemerataan)

Pemerataan adalah tujuan utama dari pembangunan berkelanjutan. Pemerataan ini juga dianggap bisa meminimalisir disparitas ekonomi dan sosial serta kesempatan yang sama untuk masyarakat.

Ekonomi

Pendekatan pembangunan aspek ekonomi dalam pembangunan berkelanjutan menitikberatkan pada peningkatan keahlian pekerja, supaya bisa meningkatkan daya saing dalam memperoleh pekerjaan yang layak, Mendorong kerja sama ekonomi strategis dan peningkatan peforma infrastruktur dasar seperti perumahan, air, jalan dan lain sebagainya hingga infrastruktur informasi.

Energi

Penerapan hemat energi adalah bagian dari pembangunan berkelanjutan. Contoh penerapannya adalah mengoptimalkan pembangunan dengan pencahayaan yang alami sebanyak mungkin, dan sebagainya.

Ekologi

Prinsip ini diterapkan dengan penggunaan lahan campuran semaksimal mungkin, memperhatikan keberadaan ruang terbuka hijau, sistem transportasi dan pembangunan saling terintegrasi dan membatasi pemekaran kota secara berlebihan.

Engagement (Peran Serta)

Pembangunan berkelanjutan juga bisa dilakukan dengan cara peningkatan serta pengoptimalan peran serta masyarakat di dalamnya.
Menurut UNCED dalam KTT Pembangunan Berkelanjutan tahun 2002 di Johannesburg Afrika Selatan, prinsip pembangunan berkelanjutan adalah :

Keadilan Antar Generasi

Artinya setiap generasi di dunia mempunyai hak untuk menerima serta menempati bumi bukan dalam kondisi buruk akibat dari generasi sebelumnya.

Keadilan Dalam Satu Generasi

Hal ini membahas tentang keadilan generasi yang dimana beban permasalahan lingkungan harus ditanggung bersama.

Prinsip Pencegahan Dini

Artinya bila terjadi ancaman yang menyebabkan kerusakan lingkungan yang tak dapat dipulihkan. Maka ketiadaan temuan atau pembuktian ilmiah yang konklusif dan pasti tak dapat dijadikan alasan untuk menunda upaya untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

Perlindungan Keanekaragaman Hayati

Adalah prasyarat dari hasil implementasi keadilan diantara generasi. Perlindungan keanekaragaman hayati juga berarti mencegah kepunahan keanekaragaman hayati itu sendiri.

Contoh Pembangunan Berkelanjutan

Dalam pembangunan terdapat 3 sektor yang menjadi tiang utama pembangunan yaitu sektor ekonomi, sosial dan lingkungan. Ketiganya saling berhubungan, semakin suksesnya pembangunan di sektor ekonomi maka sektor yang lainnya juga akan mengalami hal yang sama. Tapi tak menutup kemungkinan peningkatan sektor ekonomi justru akan merusak sektor lingkungan, akhirnya malah memicu kegagalan pembangunan. Sehingga pemanfaatkan lingkungan dengan bijak harus dijaga dan diprioritaskan.
Sekian pembahasan mengenai Prinsip Pembangunan Berkelanjutan yang meliputi pengertian, ciri, tujun, syarat, dan contohnya lengkap. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi anda yang sedang mempelajari tentang pembangunan berkelanjutan. Semoga berguna.
Baca Juga :