Pengertian Pelanggan Dan Jenisnya Lengkap

Posted on

Pengertian Pelanggan Dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Pelanggan – Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu dibutuhkan pembeli yang akan membeli barang/jasa yang disediakan oleh suatu perusahaan. Supaya cepat terjual konsumen yang datang harus bisa membeli dan menggunakannya.

Peran orang yang bekerka di dalam perusahaan pun berpengaruh, supaya menarik perhatian konsumen. Konsumen yang datang akan merasa ketagihan dan ingin membeli barang yang banyak atau layanan jasa yang disediakan perusahaan tersebut.
Kehadiran pelanggan ini akan menjadi kunci sukses dalam berjualan/berbisnis. Berikut ini pembahasan tentang pengertian pelanggan dan jenis-jenisnya dengan lengkap.

Pengertian Pelanggan

Pelanggan adalah lembaga, instansi, organisasi atau juga perorangan yang membeli barang atau jasa dari perusahaan secara rutin atau terus menerus karena barang yang di belinya dapat bermanfaat baginya. Kesimpulannya orang-orang itu adalah yang memberi perhatian penuh pada produk/jasa dari perusahaan tersebut.
Pelanggan bukan hanya mendatangkan keuntungan untuk perusahaan, tapi juga pelanggan menginginkan rasa ingin dihormati dan hal itu juga menjadi bagian penting dari perusahaan. Kepuasan yang diperoleh pelanggan ketika memakai produk/jasa yang ditawarkan bisa memberi emosi pada si pelanggan, dan bisa mengevaluasi pengalaman ketika menggunakan produk/jasa tersebut.
Hasil dari evaluasi tersebut bisa membuat perusahaan menjadi lebih baik dan bisa menjadi buruk, maka perusahaan pun dituntut untuk bisa memberikan produk/jasa yang diberikan pada pelanggan dengan kualitas terbaik. Tak hanya produk yang dihasilkan tapi juga pelayanan yang tak luput dari penilaian pelanggan.

Jenis-jenis Pelanggan

Pelanggan Internal

Adalah pelanggan yang berupa kelompok dalam perusahaan yang memiliki pengaruh penting dalam pekerjaan. Yang dibutuhkan pelanggan internal adalah kerja kelompok, kerjasama, system serta struktur kerja yang efisien, kualitas pekerjaan yang baik dan juga pengiriman tepat waktu.

Pelanggan Eksternal

Adalah sekelompok orang di luar perusahaan yang menerima produk dari perusahaan. Pelanggan ini berupa pelanggan yang terdiri dari masyarakat umum, yang menerima produk/jasa dari perusahaan. Yang dibutuhkan oleh pelanggan eksternal adalah kualitas produk atau jasa, sesuai dengan permintaan atau kebutuhan akan produk atau jasa, harga yang di miliki kooperatif, pelayanan yang baik dan pengiriman barang tepat waktu.

Pelanggan Antara

Adalah sekelompok orang yang ada diantara produk tapi bukan pengguna yang terakhir di perusahaan tersebut. contohnya biro jasa yang memesankan tour perjalanan, kamar penginapan, dan lain-lain. Ada pula distributor yang mendistribusikan produk-produk dari perusahaan.
Demikian pembahasan lengkap mengenai Pengertian Pelanggan yang disertai dengan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.
Baca Juga :