Pengertian Membaca Memindai (Scanning) – Tujuan, Cara Kerja, Dan Langkahnya Lengkap

Posted on

Pengertian Membaca Memindai (Scanning) – Tujuan, Cara Kerja, Dan Langkahnya Lengkap

Membaca Memindai – Membaca memindai atau yang disebut dengan scanning adalah teknik membaca untuk mendapatkan informasi, tanpa harus membaca yang lainnya dengan lebih cepat dan tepat. Pengertian lainnya yaitu cara membaca sekilas dan cepat tapi dengan teliti, yang tujuannya yaitu untuk menemukan serta memperoleh informasi tertentu atau fakta dari sebuah teks. Membaca scanning juga sering disebut dengan teknik membaca tatap. Teknik membaca memindai merupakan salah satu jenis membaca teks dengan cepat, serta dibaca dengan menyeluruh untuk memperoleh isi/arti dari teks/bacaan.

Membaca scanning juga dilakukan ketika membaca buku yang mempunyai indeks contohnya kamus, ensiklopedia dan buku telepon. Buku itu tersusun dengan alfabetis atau disusun dengan berdasarkan urutan abjad, sehingga mudah untuk mendapatkan informasi yang akan dicari.

Tujuan Membaca Memindai (Scanning)

Tujuan membaca memindai di kehidupan sehari-hari adalah untuk menemukan atau mendapatkan suatu topik, dalam memilih acara tertentu, untuk mendapatkan kata didalam kamus, untuk mencari nomor telepon didalam buku petunjuk telepon, untuk mencari entri pada indeks dan lain-lainnya.
Mencari fakta/informasi tertentu di dalam kehidupan sehari-hari, kata dalam kamus, informasi di ensiklopedia, informasi dalam indeks, nomor rekening bank, nomor peserta ujian, angka-angka statistik, jadwal (kereta api, pesawat terbang, acara televisi, dan radio).
Bila dilihat secara umum cara membaca memindai yaitu seperti saat kita memakai perintah atau menu Find di komputer. Cara kerjanya yaitu dengan membaca dari atas tapi dengan pusat pandangan mata dan tak boleh berpindah dari kiri ke kanan. Hingga kita dapat membaca seluruh kalimat dalam waktu cepat di satu baris. Artinya kita juga bisa membaca empat baris hanya dalam waktu satu detik atau kurang dari satu detik.
Tentukan lebih dulu apa yang akan dicari dalam teks/bacaan itu, lalu kita bisa mulai membaca memindai. Mulai dari baris yang paling atas sampai di baris paling bawah, dan mencari kata yang sudah ditentukan.
Bila anda sudah menemukan kata yang dicari, lalu tandai. Anda juga bisa mencatat nomor halamannya dan paragraf ke berapa, supaya lebih mudah dalam mencarinya lagi. Sehingga anda akan lebih mudah menemukan kata yang tepat yang sudah ditentukan/dicari.

Cara Kerja Membaca Memindai (Scanning)

  • Anda harus tahu lebih dulu apa yang dicari dalam teks. Dan tetapkan juga satu kata atau penggalan kata untuk menjadi kata kunci.
  • Cari di halaman berapa kita dapat menemukan kata kunci itu, gunakan indeks lalu yang ada di halaman halaman lampiran belakang buku itu.
  • Kemudian persempit pencarian bila tak ada indeksnya, atau indeks yang ada pada buku dengan cara membaca daftar isinya. Jika kita tak menemukan nomor halaman pada indeks, periksa ulang nomor halaman itu pada halaman daftar isi. Ketahui juga judul Bab dan Sub Bab, pada nomor halaman tersebut berada. Dan perkirakan apakah telah sesuai dengan kata serta pemikiran yang akan dicari di bawah atau sub judul itu.
  • Baca pindai halaman yang ditemuka dan bila ditemukan kata kunci yang anda maksud, baca satu kalimat tepat pada kata kunci itu.

Langkah-Langkah Membaca Memindai Kamus

Kamus merupakan salah satu yang isinya perbendaharaan kata serta arti dari bahasa tertentu yang jumlahnya tak terbatas. Untuk memperoleh kata yang dicari dengan cepat, sebaiknya pelajari lebih dulu isi kamus tersebut.
Langkah/tahapan yang bisa dilakukan dalam mencari kata dan arti di dalam kamus dengan teknik membaca memindai adalah :

  • Tentukan terlebih dahulu kata yang hendak dicari artinya.
  • Lalu cari kata tersebut dengan langsung membuka halaman pertama yang mengandung huruf awal dari kata yang anda cari. Misalnya saat anda mencari arti kata Akustika. Maka buka halaman pertama yang huruf awalnya A, manfaatkan juga pembatas huruf yang terdapat pada kamus. Setelah itu pindai halaman itu ke halaman selanjutnya sampai anda menemukan kata Akustika.
  • Jika sudah menemukan kata yang dicari, baca lagi dengan teliti artinya.

Dalam membuka kamus anda juga harus memerhatikan petunjuk seperti berikut :

  • Perhatikanlah ejaan kata dengan seksama
  • Perhatikanlah cara mengucapkan panjan dan pendeknya serta tekanannya
  • Perhatikanlah asal-usul katanya, biasanya ditulis dalam kurung
  • Tidak cepat memilih sebuah arti kata dikarenakan satu kata terkadang mempunyai arti lebih dari satu dan diperinci dengan angka 1,2,3
  • Perhatikanlah contoh kalimat yang dapat memperjelas arti kata yang dicari
  • Supaya bisa dengan cepat menemukan arti kata yang dicari, sebaiknya memperhatikan petunjuk yan ada pada setiap halaman.

Sekian pembahasan tentang membaca memindai yang disertai dengan tujuan, cara kerja dan juga langkahnya secara lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah wawasan anda. Dan semoga bermanfaat.
Baca Juga :