Pengertian Latar – Fungsi Dan Macamnya Lengkap

Posted on

Pengertian Latar – Fungsi Dan Macamnya Lengkap

Latar – Adalah keterangan tentang ruang, waktu dan suasana terjadinya peristiwa pada suatu karya. Latar juga diartikan sebagai unsur intrinsik pada karya sastra yang meliputi ruang, waktu dan suasana yang terjadi pada peristiwa dalam karya sastra.

Pengertian lainnya yaitu seluruh keterangan, petunjuk pengaluran yang berakibat pada ruang, waktu serta suasana. Latar juga meliputi penggambaran mengenai letak geografis, kesibukan si tokoh atau pelaku, waktu berjalannya peristiwa, lingkungan agama, musim, moral, intelektual sosial, dan juga emosional si pelaku/tokoh.

Pengertian Latar Menurut Para Ahli

  1. Pengertian Latar menurut Abrams adalah tempat, hubungan waktu dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar dalam cerita bisa dikategorikan menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar sosial.
  2. Pengertian Latar menurut KBBI adalah keterangan tentang waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam sebuah karya sastra.
  3. Pengertian Latar menurut Suparmin dalam sebuah karya sastra akan memengaruhi inti cerita serta pengambilan nilai yang diungkapkan oleh pengarang.
  4. Pengertian Latar menurut Indrawati adalah tempat, waktu serta suasana yang digunakan dalam sebuah cerita.

Fungsi Latar

Adalah untuk menggambarkan sesuatu hal dengan jelas, agar peristiwa/kejadian yang sudah terjadi pada sebuah karya bisa menyajikan informasi yang jelas tentang situasi dalam sebuah cerita.

Macam-Macam Latar

Latar Tempat

Adalah lokasi atau tempat terjadinya peristiwa dalam sebuah cerita, baik dalam bentuk kota, jalan, gunung, ataupun rumah. Contoh Latar Tempat yaitu: di ruang angkas, di sebuah pesawat, di dalam goa, didalam hutan, di sebuah gedung, di dalam bangunan tua, dan lain sebagainya.

Latar Waktu

Adalah latar yang berhubungan dengan terjadinya peristiwa dalam cerita baik dalam hal penanggalan, penyebutan peristiwa sejarah, penggambaran situasi malam, pagi siang, maupun sore. Contoh Latar Waktu yaitu: di pagi hari, di siang hari, di sore hari, di zaman dahulu, di waktu itu dan lain sebagainya.

Latar Suasana

Adalah latar yang berkaitan dengan situasi/kondisi saat terjadinya peristiwa dalam sebuah cerita. Contoh Latar Suasana adalah saat gembira, saat galau, saat sedih, saat kecewa dan lain sebagainya.

Latar Alat

Adalah peralatan yang dipakai atau dibutuhkan oleh tokoh dalam sebuah cerita. Contohnya penggaris, pensil, buku, penghapus, papan tulis dan lain sebagainya.
Sekian pengertian latar yang disertai dengan penjelasannya, fungsi, macam dan contohnya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang tepat, bagi anda yang sedang belajar mengenai latar dalam sebuah cerita. Semoga memberi manfaat.
Baca Juga :