Pengertian Kolonialisme – Macam Dan Dampaknya Lengkap

1 min read

Pengertian Kolonialisme – Macam Dan Dampaknya Lengkap

Pengertian Kolonialisme – Kolonialisme adalah sebutan lainnya dari penjajahan. Yang merupakan sistem yang dimana, suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya dari negara lain tapi masih tetap berhubungan dengan negara asalnya. Istilah ini juga mengarah pada himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau melakukan promosi, yang sistem utamanya adalah kepercayaan bahwa moral dari pengkolongi lebih hebat daripada yang dikolonnikan oleh negera kolonisme pertama yaitu Inggris dan Spanyol.

Kolonialisme didefinisikan sebagai upaya perluasan, pengembangan, penguasaan suatu wilayah dengan kekuasaaan satu negara di luar lokasi atau wilayah negara tersebut. untuk penguasaan daerah sering dijalankan dengan cara pemaksaan, untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya untuk motherland sebagai negara induk.

Tujuan Kolonialisme

Tujuan dari kolonialisme adalah untuk memperoleh dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, perdagangan di daerah tersebut. wilayah koloni adalah wilayah yang memiliki bahan mentah yang banyak untuk memenuhi kebutuhan negara yang menjalankan kolonialisme.
Tujuan lainnya yaitu untuk menguras habis sumber daya alam atau kekayaan alam dari negara yang dijadikan tempak koloni, untuk kemudian dibawa ke negara induk.

Macam-macam Kolonialisme

Koloni Eksploitasi

Adalah penguasaan daerah/wilayah untuk diambil semua tenaga penduduknya secara kerja paksa atau kerja rodi serta dikuras kekayaan alamnya, untuk keperluan negara yang melakukan koloni tersebut atau negara penguasa.

Koloni Penduduk

Adalah penguasaan wilayah/daerah baru dengan cara mengusir atau menghilangkan penduduk bumi, yang digantikan oleh pendatang yang membuat kedudukan pribumi menjadi terabaikan.

Koloni Deportasi

Adalah wilayah koloni yang digunakan sebagai tempat membuat narapidana yang tak bisa diatasi pemerintah. Banyak dari narapidana ini yang merupakan narapidana yang mendapat hukuman seumur hidup, yang dimana mereka disuruh bekerja tanpa dibayar. Dibandingkan pemerintah harus memberi mereka makan seumur hidup.

Koloni Domisili
Adalah penduduk suatu negara yang menempati wilayah koloni (asimilasi dan pendudukan).

Koloni Libensraum

Adalah adanya ledakan penduduk pada suatu negara induk, menjadikan beberapa orang mencari ruang hidup pada wilayah baru.

Koloni Defensi

Adalah wilayah koloni yang dalam bentuk pulau-pulau untuk kebutuhan pertahanan.

Koloni Netral

Adalah pendudukan suatu wilayah untuk tempat tinggal tanpa ada keberhasilan lain.

Dampak Kolonialisme

1. Dampak Positif Kolonialisme

  • Memperoleh kata serapan baru dari negara yang menjajah.
  • Adanya beberapa bangunan yang merupakan bentuk dari peninggalan dari negara yang pernah menjajah seperti dalam bentuk sarana dan prasarana misalnya pabrik gula, jalan raya, benteng dan lain sebagainya.
  • Terdapat reformasi pada bidang pendidikan lokal yang dikarenakan terdapat interaksi antara sarjana Belanda yang tidak mempunyai keperluan dengan penjajahan.
  • Meninggalkan peraturan perundang-undangan.
  • Timbul pemikiran baru tentang cara menanam tumbuhan yang lebih modern.

2. Dampak Negatif Kolonialisme

  • Menimbulkan penderitaan psikis dan sengsara fisik.
  • Terdapat pengambilan hak penduduk secara paksa.
  • Hilangnya harta benda dan jiwa karena adanya paksaan untuk bekerja dan menyerahkan harta.
  • Perampasan kekayaan sumber daya alam utamanya yang sumber daya alam yang berbentuk rempah-rempah.
  • Timbul kemerosotan dalam bidang sosial ekonomi, politik dan bidan lain.

Demikianlah pembahasan artikel tentang Pengertian Kolonialisme yang disertai dengan macam dan dampaknya secara lengkap. Semoga berguna bagi anda semua dan dapat menambah pengetahuan anda di bidang sejarah.
Baca Juga :