Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli Lengkap

Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli – Masing-masing perusahaan tentu akan meninjau kinerja dari perusahaannya. Masing-masing perusahaan tentu akan suka melakukan peninjauan kinerja perusahaan dalam periode tertentu.

Kegiatan ini disebut dengan kinerja perusahaan. Pengertian kinerja perusahaan adalah hasil dari kegiatan manajemen di sebuah perusahaan. Dari hasil kerja itu akan dijadikan parameter tolak ukur dalam menilai keberhasilan manajemen perusahaan tersebut.

Pengertian Kinerja Perusahaan Secara Umum

Kinerja perusahaan dikerahkan dari pengendalian perusahaan dengan cara internal. Semakin banyak perusahaan kecil, besar bahkan menengah saling berkembang. Beberapa perusahaan ini juga intens memantau bagaimana perkembangan kinerja perusahaan tersebut.
Kinerja manajemen yang baik bisa meningkatkan pengendalian di dalam perusahaan, tapi dalam pelaksanaan prosedur yang ditetapkan sering tak sesuai dengan kinerja perusahaan itu. Dan pembagian tugas serta tanggung jawabnya. Kinerja perusahaan adalah sesuatu yang dihasilkan oleh perusahaan pada periode tertentu dengan mengacu pada standar yang ditetapkan. Dalam pencapaian tujuannya maka kinerja perusahaan adalah hal yang sangat penting. Salah satu usaha yang dilakukan adalah menerapkan sistem GCG dalam kinerja perusahaan.

Sistem GCG sebagai Kinerja Perusahaan

Tujuan utama dalam GCG ini adalah meningkatkan keberhasilan usaha serta akuntabilitas, menciptakan sebuah sistem pengendalian dan keseimbangan (check and balances), mencegah penyalahgunaan dari sumber daya perusahaan dan tetap mendorong terjadinya pertumbuhan perusahaan.
Penerapan GCG dengan benar dan konsisten diharapkan bisa menciptakan fundamental yang kuat untuk peningkatan kinerja yang tinggi, dan juga penciptaan citra perusahaan yang positif. Secara umum penerapannnya dilakukan dengan cara internal.
Auditor adalah organ pendukung yang dibentuk oleh direksi. Peranan dan fungsi internalnya di suatu perusahaan digunakan sebagai parameter serta indikator untuk mengukur penerapan prinsip GCG yaitu dengan sistem transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian, dan kewajaran.
Adanya indikasi berkurangnya kekeliruan administrasi atau kesalahan dengan dampak negatif pada finansial perusahaan, menjadi tolak ukur keberhasilan internal auditor. Internal auditor harus memberi masukan yang menjadi upaya pencapaian strategi bisnis perusahaan, mengevaluasi pengelolaan resiko perusahaan dan memberikan rekomendasi perbaikan atas prosedur dan pengendalian terhadap proses-proses bisnis perusahaan serta evaluasi kecukupan indikator kinerja perusahaan dari segi efisiensi dan efektivitas.
Menurut Adiyatna dan Marimin (2001), efektivitas berhubungan dengan kinerja dalam mencapai tujuan, dan efisiensi berhubungan dengan pemakaian sumber daya. Penilaian kinerja perusahaan bisa diukur dengan ukuran keuangan serta non keuangan. Ukuran kinerja non keuangan meliputi kepuasan costumer, produktivitas dan cost effectiveness proses bisnis atau intern serta produktivitas dan komitmen personnel yang akan menentukan kinerja keuangan masa yang akan datang.
Kata lainnya kinerja perusahaan dilakukan untuk memantau pencapaian tujuan, yang telah ditetapkan pada periode tertentu.

Pengertian Kinerja Perusahaan

Kinerja perusahaan adalah hasil kerja yang bisa dicapai seseorang/kelompok di suatu perusahaan, sesuai dengan tanggung jawab dan wewenang masing-masing dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan secara legal. Serta tak melanggar hukum dan tak bertentangan dengan moral dan etika. (Rivai & Basri, 2004:16).
Kinerja perusahaan (Companies performance) adalah sesuatu yang dihasilkan oleh perusahaan, pada periode tertentu dengan mengacu pada standar yang ditetapkan pengukuran aktivitas kinerja perusahaan yang dirancang untuk menaksir, bagaimana kinerja aktivitas serta hasil akhir yang ingin dicapai.

Pengertian Kinerja Perusahaan menurut Para Ahli

Moerdiyanto
Kinerja perusahaan adalah hasil dari serangkaian proses bisnis yang dimana dengan pengorbanan beragam sumber daya. Jika kinerja perusahaan meningkat dapat dilihat dari gencarnya kegiatan perusahaan dalam rangka menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Keuntungan/laba tentunya akan berbeda, tergantung pada ukuran perusahaan yang bergerak.
Helfert
Kinerja perusahaan adalah hasil yang dibuat pihak manajemen secara terus menerus, maksud hasil tersebut adalah hasil keputusan dari banyak individu.
Chariri dan Ghozali
Kinerja perusahaan juga bisa diukur dengan memakai informasi keuangan atau memakai informasi non keuangan. Informasi keuangan bisa berupa kepuasan pelanggan atas pelayanan, yang diberi oleh suatu perusahaan. Walaupun begitu banyak kinerja perusahaan yang diukur dengan rasio keuangan pada periode tertentu.
Kesimpulannya kinerja perusahaan adalah hasil dari proses bisnis yang menunjukkan nilai keberhasilan dari suatu usaha, yang diukur dengan informasi keuangan atau non keuangan.
Demikian pengertian kinerja perusahaan menurut para ahli yang lengkap dengan penjelasannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda khususnya dalam hal kinerja sebuah perusahaan. Semoga memberi manfaat.
Baca Juga :