Pengertian Intranet Dan Internet – Fungsi Dan Bedanya Lengkap

1 min read

Pengertian Intranet Dan Internet – Fungsi Dan Bedanya Lengkap

Pengertian Internet Dan Intranet – Internet kini menjadi sesuatu yang tak asing lagi bagi kita, karena hampir setiap orang menggunakannya setiap hari. Namun masih ada saja orang yang belum tahu arti dari internet. Di era modern dan canggih ini, internet memiliki peran penting untuk kemajuan teknologi bangsa. Selain internet ada juga yang disebut dengan intranet.

Pengertian Internet

Internet (interconnected networking) adalah jaringan komputer yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer lainnya, serta membentuk jaringan komputer yang sangat besar dan luas di seluruh dunia. Sehingga jaringan itu disebut saling bertukar informasi/data dan bisa berkomunikasi satu sama lain.
Pengertian internet yaitu jaringan komputer yang sangat besar yang menghubungkan pengguna komputer di seluruh dunia, melalui jaringan telepon,  satelit atau sistem komunikasi lainnya. Internet terbentuk oleh banyaknya komputer yang saling berhubungan di seluruh dunia yang memberi ruang, serta memberi jalan untuk beragam media informasi yang berupa gambar, video, audio dan bentuk file lainnya untuk dapat saling dinikmati bersama.
Kesimpulannya fungsi internet adalah sebagai media komunikasi serta informasi yang bisa digunakan untuk saling bertukar data/informasi.

Pengertian Intranet

Adalah jaringan komputer yang terhubung/tersambung yang dipakai oleh sebuah instansi/perusahaan yang berbasis protokol TCP/IP. Intranet hampir sama dengan internet, tetapi pengguna intranet dibatasi oleh instansi/perusahaan itu sehingga hanya pengguna tertentu yang dapat mengaksesnya.
Kesimpulannya fungsi intranet adalah media penghubung antara komputer yang satu dengan yang lainnya, tetapi mempunyai batas pengguna yang sudah ditentukan.

Perbedaan antara Internet dan Intranet

Internet

  1. Bersifat umum dan terbuka, artinya jaringan bisa diakses oleh siapapun asal terhubung dengan jaringan internet.
  2. Jangkauannya luas dan tanpa batas, artinya jaringannya berada di mana saja dan bisa dijangkau di belahan dunia manapun.

Intranet

  1. Bersifat tertutup, artinya jaringannya dibatasi dan hanya pengguna saja yang mempunyai aksesnya.
  2. Jangkauannya terbatas, artinya hanya meliputi area/lokasi yang sudah ditentukan sesuai dengan kebutuhannya.

Sekian ulasan tentang Pengertian Internet Dan Intranet yang lengkap dengan fungsi dan perbedaannya. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda semua, dan dapat menambah wawasan anda di bidang Komputer.
Baca Juga :