Pengertian Hardware, Software Dan Brainware Lengkap

Posted on

Pengertian Hardware, Software Dan Brainware Lengkap

Pengertian Hardware Dan Sodtware – Berikut ini akan kami jelaskan pengertian hardware, software serta brainware masing-masing secara lengkap. Simak penjelasannya.

Hardware

Adalah perangkat keras yang menjadi komponen di dalam komputer yang dapat disentuh secara fisik, dan dapat dilihat oleh kasat mata. Hardware juga terdiri dari input dan output, perangkat pemrosesan dan perangkat penyimpanan. Berikut penjelasannya :

  • Input. Adalah perangkat/masukan yang merupakan perangkat untuk menginput data oleh pengguna. Contohnya Mouse, keyboard, scanner.
  • Output. Adalah perangkat keras untuk menghasilkan proses output dari pengguna. Contohnya Printer, monitor dan speaker.
  • Pemrosesan. Adalah perangkat keras yang dipakai untuk sebuah proses menginput oleh pengguna. Contohnya CPU / Central Processing Unit.
  • Penyimpanan. Adalah perangkat keras dalam menyimpan data. Contohnya harddisk, memori, RAM.

Software

Adalah perangkat lunak yang menjadi beberapa komponen data dan program yang ada pada komputer yang disimpan dengan digital, dan digunakan atau dijalankan sesuai dengan yang diinginkan. Software adalah komponen komputer yang tak bisa dilihat tetapi ada dalam sebuah komputer. Contohnya :

  • Sistem Operasi (OS). Adalah software yang digunakan sebagai penghubung antara hardware dengan user. Contohnya windows, linux, unix, BSD.
  • Software Aplikasi. Adalah software yang diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan user, seperti contoh microsoft office, libre office, custom-made software, desktop publishing, design grafis, software pengolah database, perangkat lunak yang umum seperti text, picture, numbers, video dll.

Brainware

Adalah pengguna yaitu manusia yang merupakan user dalam mengoperasikan komputer. Misalnya programer, operator dan orang-orang yang memakai atau menggunakan komputer.
Ketiga elemen ini saling berkaitan satu sama lain dalam menciptakan komputer yang berfungsi dan berguna. Tanpa adanya ketiga elemen itu tak akan berjalan dan tidak terciptanya komputer. Yang berfungsi dengan sempurna. Hardware tanpa software maka komputer hanya menjadi mesin elektronik yang tak berfungsi, dan berbentuk benda saja. Karena software sangat mendukung untuk terciptanya komputer yang fungsional. Adanya hardware dan software tanpa ada brainware juga sama dengan benda yang tidak berguna, karena tak ada yang menggunakan serta mengoperasikannya.
Demikian pengertian hardware dan software dan juga brainware secara lengkap. Semoga penjelasan ini dapat membantu anda dalam memahami perbedaan ketiganya dalam ilmu Komputer. Semoga bermanfaat.
Baca Juga :