Pengertian Alur – Jenis Alur Dan Unsurnya Lengkap

1 min read

Pengertian Alur – Jenis Alur Dan Unsurnya Lengkap

Alur – Istilah alur tentu sudah tak asing lagi bagi kita, tetapi masih banyak orang yang belum paham makna alur tersebut. alur adalah sesuatu yang kita pelajari dalam bahasa Indonesia. Berikut ini kami bahas tentang pengertian alur secara lengkap.

Pengertian Alur

Alur adalah rangkaian dari kejadian dalam cerita yang disusun dengan cara kronologis. Pengertian lainnya yaitu rangkaian cerita dari awal sampai akhir. Alur mengatur bagaimana tindakan dalam sebuah cerita dan harus berhubungan satu sama lain. Seperti bagaimana sebuah peristiwa berhubungan dengan peristiwa yang lainnya, lalu bagaimana tokoh itu digambarkan dan berperan dalam cerita yang keseluruhannya terhubung dengan kesatuan waktu.

Jenis-Jenis Alur

Terdapat tiga jenis alur, diantaranya yaitu :

Alur Maju

Adalah peristiwa yang ditampilkan dengan kronologis, maju dan secara berturut dari tahap awal, tahap tengah, hingga sampai tahap akhir cerita. Alur sering dipakai oleh seorang penulis pemula, dengan membuat cerita memakai alur maka dapat terbangun kebiasaan menulis untuk mereka. Karena bila memakai alur tak akan sulit dalam mengarang atau membuat cerita. Secara umum alur dipakai pada sebuah cerita yang bisa dicerna/dipahami. Misalnya cerita untuk anak-anak. Tapi bukan berarti alur tak dapat dipakai pada cerita serius, yaitu seperti drama dan lain sebagainya.

Alur Mundur

Adalah alur yang ceritanya dimulai dengan penyelesaian. Alur ini sering ditemukan dalam cerita yang memakai setting waktu di masa lalu. Penulis juga sering memakai alur dan harus pintar dalam menyusun cerita, supaya tak membuat pembaca bingung.

Alur Campuran

Adalah alur yang diawali dengan klimaks dari suatu cerita, lalu kembali ke masa lalu atau masa lampau. Setelah itu diakhiri dengan penyelesaian dari cerita itu, alur ini mudah digunakan dalam pembuatan cerita bila pengarang memahami cara mengatur plot dalam ceritanya.

Unsur-Unsur Alur

Pengenalan Cerita

Di bagian ini pengarang akan memperkenalkan tokoh utama. Penataan dari adegan cerita dan hubungan antara tokoh yang ada dalam cerita.

Awal Konflik

Di bagian ini pengarang atau pembuat cerita akan menimbulkan bagian dalam cerita yang dapat menimbulkan masalah.

Menuju Konflik

Dibagian ini pengarang cerita akan meningkatkan yang dialami oleh tokoh.

Konflik Memuncak Ataupun Klimaks

Pada bagian ini yaitu puncak permasalahan yang dihadapi tokoh, di bagian ini juga tokoh dalam sebuah cerita akan dihdapkan pada sebuah penentuan akhir yang akan dialaminya. Keberhasilan/kegagalan biasanya akan menjadi penentuan nasib tokoh dalam cerita.

Penyelesaian Ataupun Ending

Adalah akhir cerita, dan di bagian ini akan dijelaskan bagaimana nasib tokoh dalam cerita itu. Dan apakah endingnya bahagia, sedih, atau menggantung.
Demikian pengertian alur yang dilengkapi dengan jenis dan unsurnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda, dan dapat dipahami dengan baik. Semoga bermanfaat.
Baca Juga :