Contoh Surat Cerai Nikah Untuk Istri

1 min read

Contoh Dan Cara Membuat Surat Cerai Nikah Untuk Istri

Surat Cerai Nikah Untuk Istri – Di dalam sebuah hubungan rumah tangga, perceraian sudah bukan hal yang asing lagi. Sehingga dibutuhkan surat pernyataan cerai baik dari pihak suami maupun istri yang jelas dan lengkap. Dalam membuat contoh surat cerai nikah untuk istri,  harus ada keterangan dari kedua belah pihak mengenai kesepakatan bercerai. Yang penting materi pokok yang terdapat di dalamnya, sudah mencakup semua hal yang dibutuhkan dalam prosedur perceraian.

Membuat surat cerai ini cukup mudah, ada banyak contoh surat permohonan cerai yang biasanya dilakukan oleh seorang istri. Berikut ini kami beri tahukan bagaimana membuat surat cerai untuk istri yang baik dan tepat.
 

Cara Membuat Contoh Surat Cerai Nikah Untuk Istri

 

SURAT PERNYATAAN CERAI

 
Yang bertanda tangan di bawah ini :
 
Nama                                    : Budi Anggoro
No KTP                                 : 320810292393
Tempat/Tanggal lahir     : Solo 17 Febuari 1980
Alamat                                  : Jl Sukur Ikhlas No 32 Solo
Pekerjaan                           : Pengusaha
Agama                                  : Islam
 
Dengan surat ini saya menyatakan bahwa pada tanggal 26 November 2018, telah menceraikan istri saya yaitu :
 
Nama                                    : Ria Riata
No KTP                                 : 32098372829
Tempat/Tanggal Lahir    : Bandung 1 Oktober 1982
Alamat                                  : Jl Melawai 4 Blok BB 15 Solo
Pekerjaan                           : Pegawai Bank
Agama                                  : Islam
 
Talak atau perceraian ini merupakan keputusan dari kami berdua, yang dilakukan sebagai jalan akhir dari segala permasalahan yang ada di dalam kehidupan rumah tangga kami. Karena rumah tangga kami ternyata sudah tidak dapat dipertahankan lagi, sehingga kami memutuskan untuk bercerai.
Perceraian ini kami lakukan atas kehendak kami masing-masing, dan tidak ada paksaan dari pihak mana pun. Keputusan ini juga dibuat dalam keadaan sadar. Sehingga tidak akan ada tuntutan apapun dari kedua belah pihak di kemudian hari.
Maka dengan surat ini, kami menyebutkan bahwa telah bercerai secara resmi.
Demikian surat pernyataan cerai ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Dibuat di atas kertas bermaterai. Agar kelak dapat dipertanggungjawabkan di muka hukum, dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani. Dan dapat digunakan selanjutkan jika memang diperlukan.
Jika suatu hari terjadi sesuatu yang tidak dinginkan yang berasal dari pihak keluarga saya, atau munculnya kejanggalan di dalam proses perceraian di luar prosedur resmi, maka saya tidak akan menuntut apapun. Saya juga akan bertanggung jawab dan tidak akan melibatkan pihak manapun.
 
Solo 26 November 2018
 
 
Istri yang diceraikan                                                                                                        Suami yang menceraikan
 
 
Ria Riata                                                                                                                               Budi Anggoro
 
Saksi-saksi :
 

  1. Wita Dania
  2. Raden Sukma Putra

 
 
Demikianlah contoh surat cerai nikah untuk istri, yang semoga bisa memberi manfaat untuk kita semua.
Baca Juga :