Assesment – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Assesment – Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Dan Contohnya Lengkap

Assesment – Asessment adalah salah satu cakupan penilaian pada pembelajaran yang harus dipahami hingga bisa mendidik dan mempunyai konotasi yang aktif, secara kegiatan belajar dalam situasi yang sudah dirancang.

Pengertian Assessment

Adalah salah satu proses dalam mendapatkan data dengan beberapa informasi dalam pembelajaran, hingga bisa memberi umpan biak pada guru dengan beberapa peserta didik. Assesment juga merupakan proses penilaian dengan penerapan yang berguna, dengan beragam cara sehingga membutuhkan alat untuk mendapatkan informasi dengan hasil pembelajaran yang akan ditempuh peserta didik.
sehingga dasar assesment bisa juga diistilahkan pada sebuah penilaian dengan memberi beberapa evaluasi/metode untuk memperoleh sebuah hasil dari belajar siswa, karena mengetahui jajaran peserta didik.

Assessment Menurut Para Ahli

Robert M Smith
Assesment adalah bentuk penilaian dengan komperehensif sehingga bisa melibatkan tim dengan mengetahui kelemahan/kekuatan yang bisa dipakai demi pelayanan pada pendidikan yang dibutuhkan dalam suatu rancangan pembelajaran.
James A. Mc.
Assesment adalah proses dengan sistematika terhadap pengumpulan data yang berfungsi agar bisa melihat kemampuan seseorang, yang ketika itu bisa juga menentukan program pembelajaran yang objektif.
Bomstein

  • Salah satu cara supaya bisa mengevaluasi hasil ketepatan belajar.
  • Untuk memilih dan mendesain program.
  • Untuk bisa mengukur dari dampak yang secara terus menerus dari hasil pembelajaran.
  • Agar bisa mengidentifikasi masalah.

Lidz
Assesment adalah proses dengan pengumpulan dari beragam informasi mengenai psikologis anak sehingga peranannya memiliki fungsi. Yang diantaranya yaitu :

  • Fungsi Sumatif. Adalah fungsi untuk penentuan nilai belajar serta mengajar untuk siswa mengenai satu mata pelajaran, hingga bisa dijadikan laporan untuk menentukan tindakan siswa.
  • Fungsi Formatif. Adalah bentuk yang digunakan dalam memberi umpan balik untuk memperbaiki proses pembelajaran para peserta didik.

Tujuan Assessment

Menurut salah satu ahli pakar bahasa yaitu Chittenden telah menyatakan tujuan assessment itu adalah :

  • Keeping TrackKeeping track. Adalah salah satu bentuk untuk bisa menelusuri proses belajar pada peserta didik, dengan rencana demi pelaksanaan yang telah tersedia. Hingga informasi dalam teknik penilaian akan memperoleh gambaran mengenai kemajuan peserta didik.
  • Checking UpChecking Up. Adalah salah satu bentuk supaya bisa mengecek pencapaian mengenai kemampuan dengan proses belajar, ketika mengikuti proses pembelajaran.
  • Finding OutFinding Out. Adalah salah satu cara untuk bisa mencari sampai mendeteksi kekurangan dari segala kesalahan/kelemahan yang diterapkan peserta didik.
  • Summing UpSumming Up. Adalah cara agar bisa menyimpulkan penguasaan pada pembelajaran siswa dalam menyusun beberapa laporan, hingga bisa saling membutuhkan.

Jenis-Jenis Assessment

Performance Assessment

Adalah salah satu jenis assesment dengan kemampuan yang ada pada peserta didik hingga bisa melakukan beberapa tindakan, dengan demonstrasi atau mengaplikasikan pengetahuan dari beragam situasi yang sudah diterapkan.

Penialain Proyek

Adalah salah satu jenis asessment dengan tugas yang berbentuk investigasi hingga bisa diawali dengan pengumpulan data dan pengorganisasian pada beberapa bentuk evaluasi penyajian data yang sudah tersedia.

 Self Assessment Product

Adalah salah satu jenis assesment dengan tindakan dan penilaian dengan keterampilan dalam membuat produk. Sehingga bisa dilaksanakan dengan kepentingan pada pengelolaan kegiatan belajar. Sehingga sels assesment product ini juga bisa membentuk keterampilan peserta didik yang akan melakukan pengembangan, dari kegiatan dengan penilaian yang berbasis kelas.

Contoh Assesment

Sebuah pemberian tentang tugas pada saat belajar atau dengan adanya UAS maka penilaian akan dilakukan dengan berdasarkan dari lembar jawaban atau lembar tugas. sehingga Guru juga akan memberikan dengan berbagai macam nilai.
Dengan demikian dari contoh inilah dapat berupa angka dengan huruf pada hasil pekerjaan yang telah di lakukan oleh peserta didik sehingga dari itlah assessment akan mudah di atur dengan diklasifikasikan pada siswa.
Sekian pembahasan mengenai Asessment yang dilengkapi dengan pengertian, fungsi, tujuan, jenis dan contohnya. Semoga artikel ini mudah dipahami dan dapat menjadi referensi yang tepat bagi anda yang sedang mempelajari tentang Assesment.
Baca Juga :