Arti Referensi : Pengertian, Tujuan, Jenis, Dan Sumbernya Lengkap

1 min read

Arti Referensi : Pengertian, Tujuan, Jenis, Dan Sumbernya Lengkap

Referensi – Adalah informasi yang dijadikan rujukan/sumber acuan untuk menguatkan dan menegaskan pernyataan. Pengertian lain dari referensi adalah sesuatu yang dipakai oleh pemberi informasi untuk mendukung/menguatkan pernyataannya. Secara etimologi, kata “referensi” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “refer to” yang artinya “mengacu pada” atau “merujuk pada” sesuatu atau pernyataan seseorang. Sehingga, kata referensi dapat diartikan sebagai sebuah rujukan yang menggambarkan informasi dari sumber terkait.

Referensi bisa berbentuk faktual, atau non faktual. Secara umum referensi faktual berbentuk objek faktual, statistik, kesaksian, dan lainnya. Sedangkan referensi non-faktual umumnya berbentuk cerita, hipotesis, kutipan sastra, dan analogi.

Tujuan Membuat Referensi

Berikut ini tujuan dalam membuat referensi :
1. Memperkuat Pernyataan atau Argumentasi
Sebuah informasi yang disampaikan baik melalui lisan/tulisan, memerlukan rujukan yang kuat dalam menguatkan pernyataan tersebut. dengan adanya referensi ini, maka pernyataan/argumentasi mempunyai landasan serta dasar yang kuat hingga bisa dianggap sebagai pernyataan yang dapat dipertanggungjawabkan.
2. Menghindari Plagiarisme
Setiap karya seseorang yang berupa jurnal, penelitian, dan lainnya adalah hak kekayaan intelektual dari penulis tersebut. saat seseorang memakai informasi dari hasil karya orang lain, maka ia harus mencantumkan sumber rujukan tulisan supaya tak dianggap sebagai plagiat.
3. Bentuk Penghargaan Karya Orang Lain
Setiap penulis/peneliti menghabiskan waktu, pikiran, dan tenaga dalam membuat sebuah karya. Sehingga pihak-pihak yang memakai hasil karya orang lain sudah seharusnya menjelaskan dari mana sumber rujukannya, yang menjadi sebuah bentuk penghargaan.
4. Menambah Informasi Bagi Pembaca
Tujuan lain dari menambahkan referensi adalah untuk memberi informasi lebih dalam pada pembaca, tentang suatu topik. Dengan adanya referensi, pembaca juga bisa menggali informasi tentang topik yang dibahas.

Beberapa Sumber Referensi

Dalam membuat referensi biasanya dengan dua cara yaitu kutipan dan catatan kaki. Referensi bisa diambil dari berbagai jenis sumber, seperti :

Jurnal

Adalah tulisan khusus yang memuat artikel mengenai bidang ilmu tertentu, yang ditulis oleh seseorang yang kompeten di bidang ilmu itu sendiri. Jurnal hasil karya seseorang bisa dijadikan referensi, baik itu jurnal cetak maupun jurnal online.

Buku

Adalah kumpulan kertas/bahan lainnya berisi informasi yang berbentuk tulisan, gambar, atau tempelan. Informasi dalam buku bisa dijadikan sumber referensi dalam membuat karya tulis/ilmiah.

Surat Kabar atau Majalah

Adalah salah satu media informasi yang isinya artikel berita, gambar, opini, cerita, dan informasi lainnya. Surat kabar atau majalah juga bisa digunakan sebagai referensi walaupun sudah agak jarang karena cukup sulit dalam menemukan konsep atau ide utama dari tulisannya.

Internet

Ada banyak website pada internet yang memuat berbagai jenis informasi. Baik bagi keperluan penelitian, atau kebutuhan lainnya. Tapi tetap saja beberapa website tertentu yang mempunyai integritas yang baik untuk dijadikan sumber referensi.
Itulah pengertian Referensi yang dilengkapi dengan tujuan, jenis, dan beberapa sumber yang sering digunakan sebagai referensi. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua, dan menambah wawasan anda.
Baca Juga :