7 Fungsi Rangka Manusia Beserta Penjelasannya Lengkap

2 min read

7 Fungsi Rangka Manusia Beserta Penjelasannya Lengkap

Fungsi Rangka Manusia – Manusia bisa melakukan aktivitasnya sehari-hari tergantung pada kondisi tubuhnya. Kondisi tubuh yang sehat memungkinkan seseorang bisa beraktivitas secara maksimal. Bukan hanya kondisi tubuh yang fit, salah satu faktor manusia bisa aktif bergerak adalah rangka tubuh.

Dengan adanya rangka tubuh, membuat manusia bisa berdiri dan melakukan aktivitas. Bila dalam rangka tubuhnya terganggu, maka seseorang akan memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas. Bukan hanya manusia, makhluk hidup lainnya pun memiliki rangka pada tubuhnya seperti hewan dan juga tumbuhan.
Fungsi rangka juga penting untuk manusia. Tanpa ada rangka manusia tidak bisa berbuat apa-apa serta tak mampu melakukan segala aktivitas.

Fungsi Rangka Pada Manusia

Bagian yang ada di dalam tubuh manusia saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, rangka manusia juga terdiri atas banyak jenis dan bentuk tulang dan tulang rawan individual. Berikut ini fungsi rangka pada manusia :
1. Memberikan Bentuk Tubuh dan Menegakkan Tubuh
Fungsi yang pertama adalah membentuk tubuh dan mampu menegakkan tubuh. Beberapa susunan tulang pada tubuh manusia seperti tulang kaki dan tulang belakang, fungsinya untuk menegakkan tubuh. Tinggi serta rendahnya postur seorang manusia tergantung pada rangka ini. Susunan tulang tengkorak dan tulang bagian depan berfungsi untuk membentuk tubuh manusia.
Fungsi rangka ini juga bergantung pada bentuk wajah manusia, dan pada tangan, kaki, dada serta yang lainnya memiliki fungsi rangka yang berbeda-beda.
2. Sebagai Tempat Melekatnya Otot
Fungsi yang berikutnya yaitu sebagai tempat melekatnya otot. Rangka dan otot dikenal sebagai dua bagian dalam tubuh yang tak dapat dipisahkan. Tanpa ada otot, rangka tubuh tak bisa bergerak dan badan manusia juga kaku. Rangka dan juga otot bekerja sama untuk memudahkan manusia bergerak, contohnya dengan menggerakkan lengan, kaki, leher dan sebagainya.
3. Sebagai Pelindung Organ-organ dalam Tubuh
Rangka tubuh manusia adalah susunan tulang yang merupakan bagian tubuh yang paling keras. Sehingga fungsi rangka juga bisa melindungi otot di bagian dalam tubuh manusia. Rangka ini pun akan melindungi alat tubuh yang sifatnya lunak dan penting.
Rangka pada dada fungsinya untuk melindungi paru-paru dan jantung, rangka pada kepala untuk melindungi otak, bola mata, hidung, dan saluran pernafasan bagian atas. Tulang pinggul melindungi organ alat pencernaan dan alat reproduksi bagian dalam.
4. Tempat Menghasilkan Sel Darah Merah
Komponen sel darah merah asalnya dari rangka tubuh. Fungsinya yaitu memberikan tempat yang menjadi pembentukan darah merah dan darah putih. Rangka yang mampu menjadi tempat pembentukan sel darah ini biasanya ada pada tulang pipa dan paha.
5. Tempat Pembentukan Sumsum Kuning
Sumsum kuning merupakan tempat menyimpan lemak. Yang menjadi sumber energi cadangan pada manusia dan terdapat pada rangka manusia. Secara tidak langsung fungsi rangka manusia juga sebagai tempat penyimpanan energi pada tubuh.
6. Menyimpan Mineral
Ada sekitar 62% matriks tulang yang tersusun dari garam anorganik terutama kalsium fospat dan kalsium karbonat. Dan ada sekitar 99% kalsium ada pada rangka tubuh. Rangka tubuh yang terdiri dari tulang adalah sebagai tempat menyimpan kalsium serta fosfor. Fungsi kalsium adalah sebagai kontraksi otot dan pembekuan darah. Dan fungsi fosfor adalah sebagai pembentukan ATP.
7. Sebagai Fungsi Imunologis
Fungsi rangka ini sebagai tempat menghasilkan sel-sel imunitas atau kekebalan tubuh yang ada dalam sumsum tulang.

Bagian-bagian Rangka Manusia

Rangka manusia dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu :

  • Rangka tengkorak.
  • Rangka badan yang melindungi organ-organ penting pada tubuh
  • Rangka anggota gerak seperti untuk berjalan, lari, memegang benda dan lain-lain.

Di rangka kepala tersusun atas tulang-tulang seperti tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang pelipis, tulang tengkorak, tulang baji, tulang air mata, tulang pipi, tulang hidung, rahang atas dan bawah dan tulang lidah. Rangka badan tersusun atas 33 ruang tulang belakang, tulang rusuk dan tulang dada.
Untuk rangka anggota gerak tersusun dari anggota gerak atas yang meliputi tulang pengumpil, lengan atas, hasta, pergelangan tangan, telapak tangan dan ruas jari tangan. Susunan anggota gerak bawah meliputi tulang paha, tempurung lutut, kering, betis, pergelangan kaki, telapak kaki dan ruas kaki.
Itulah Fungsi Rangka Manusia yang disertai dengan penjelasan dan bagian-bagiannya lengkap. Semoga mudah dipahami dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda. Semoga bermanfaat.
Baca Juga :