30 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya Lengkap

3 min read

30 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli – Masalah korupsi sedang merajalela di negeri Indonesia kita ini. Dan itulah yang membuat pemerintah sedang memberantas korupsi yang sudah mendarah daging. Apa itu korupsi? Berikut ini pengertian korupsi menurut para ahli dan pembahasannya secara lengkap.
30 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Lengkap

  1. Pengertian Korupsi Menurut Nurdjana berasal dari bahasa Yunani yaitu “corruptio” yang berarti perbuatan yang tidak baik, buruk, curang, dapat disuap, tidak bermoral, menyimpang dari kesucian, melanggar norma-norma agama materiil, mental dan hukum.
  2. Pengertian Korupsi Menurut UU No. 20 Tahun 2001 adalah suatu tindakan yang melanggar hukum yang tujuannya untuk memperkaya diri sendiri, orang lain atau korupsi yang akibatnya akan merugikan negara atau perekonomian negara.
  3. Pengertian Korupsi Menurut UU No.24 Tahun 1960 adalah suatu perbuatan individu yang dengan atau karena melakukan kejahatan, yang menyalahgunakan jabatan/kedudukan.
  4. Pengertian Korupsi Menurut Kartono adalah tingkah laku individu yang memakai wewenang/kekuasaannya untuk mengeruk keuntungan pribadi, atau juga merugikan kepentingan umum dan negara.
  5. Pengertian Korupsi Menurut Haryatmoko adalah upaya dalam menggunakan kemampuan campur tangan posisi, yang menyalahgunakan informasi, keputusan, pengaruh,uang atau kekayaan demi kepentingan keuntungan dirinya.
  6. Pengertian Korupsi Menurut Black’s Law Dictionary adalah perbuatan yang dilakukan untuk memberi keuntungan secara tak resmi, dengan menggunakan hak pihak yang lainnya, yang dengan salah menggunakan jabatan/karakternya dalam mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri atau orang lain. Yang berlawanan dengan kewajibannya dan hak dari pihak yang lainnya.
  7. Pengertian Korupsi Menurut UU No.31 Tahun 1999 adalah setiap orang yang dengan sengaja melawan hukum, untuk melakukan perbuatan yang tujuannya untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau sebuah korporasi. Yang akibatnya dapat merugikan negara atau perekonomian negara.
  8. Pengertian Korupsi Menurut Syeh Hussein Alatas adalah subordinasi kepentingan umum, di bawah kepentingan pribadi yang meliputi pelanggaran norma, tugas dan kesejahteraan umum, yang diakukan dengan kerahasiaan, penghianatan, penipuan dan kemasabodohan dengan akibat yang diderita oleh rakyat.
  9. Pengertian Korupsi Menurut Mubyarto adalah masalah politik yang lebih kepada bidang ekonomi, yang menyentuh keabsahan atau legitimasi pemerintah di mata generasi muda, kaum elite terdidik serta para pegawai secara umum. Akibat yang akan ditimbulkan dari korupsi ini adalah berkurangnya dukungan pada pemerintah, dari kelompok elite di tingkat provinsi/kabupaten.
  10. Pengertian Korupsi Menurut Gunnar Myrdal adalah masalah yang ada di dalam pemerintahan karena kebiasaan melakukan penyuapan, serta ketidakjujuran dalam membuka jalan bongkar korupsi serta beberapa tindakan penghukuman atas suatu pelanggaran. Tindakan dalam memberantas korupsi ini secara umum dijadikan pembenaran utama pada KUP militer.
  11. Pengertian Korupsi Menurut The Lexicon Webster Dictionary adalah kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidakjujuran, bisa disuap, tidak bermoral, penyimpangan dari kesucian, kata-kata atau ucapan yang menghina atau memfitnah.
  12. Pengertian Korupsi Menurut Robert Klitgaard adalah tingkah laku yang menyimpang dari tugas resmi jabatannya dalam negara, untuk mendapatkan keuntungan status/uang yang menyangkut diri, pribadi atau golongan keluarga dekat, kelompok sendiri, atau dengan melanggar aturan pelaksanaan yang menyangkut tingkah laku pribadi.
  13. Pengertian Korupsi Menurut S.Hornby adalah pemberian atau penawaran serta penerimaan hadiah yang berupa  suap, serta kebusukan atau keburukan.
  14. Pengertian Korupsi Menurut Henry Campbell Black adalah suatu perbuatan yang tujuannya yaitu untuk memberi keuntungan yang tak sesuai dengan kewajiban resmi dan hak dari pihak yang lainnya.
  15. Pengertian Korupsi Menurut Brooks adalah sengaja melakukan kesalahan/kelalaian tugas yang diketahui sebagai kewajiban, atau tanpa keuntungan yang sedit banyak sifatnya pribadi.
  16. Pengertian Korupsi Menurut Nathaniel H. Left adalah suatu cara diluar hukum yang digunakan oleh perseorangan atau golongan-golongan untuk mempengaruhi tindakan-tindakan birokrasi.
  17. Pengertian Korupsi Menurut Jose Veloso Abueva adalah mempergunakan kekayaan negara (biasanya uang, barang-barang milik negara atau kesempatan) untuk memperkaya diri.
  18. Pengertian Korupsi Menurut Juniadi Suwartojo adalah tingkah laku atau tindakan seseorang, atau yang lebih melanggar norma yang berlaku dengan menggunakan dan atau menyalahgunakan kekuasaan/kesempatan melalui proses pengadaan, penetapan pungutan penerimaan atau pemberian fasilitas atau jasa lainnya, yang dilakukan dalam kegiatan penerimaan dan atau pengeluaran uang atau kekayaan, penyimpanan uang atau kekayaan serta dalam perizinan dan/atau jasa lainnya. Yang tujuannya yaitu demi keuntungan pribadi atau golongannya. Sehingga langsung atau tak langsung dapat merugikan kepentingan dan atau keuangan negara dan masyarakat.
  19. Pengertian Korupsi Menurut Philip adalah tingkah laku serta tindakan seorang pejabat publik, yang menyimpang dari tugas publik formal untuk memperoleh keuntungan pribadi atau keuntungan untuk orang tertentu, yang berhubungan erat dengan pelaku korupsi. Seperti keluarga koruptor, karib kerabat koruptor, dan teman koruptor.
  20. Pengertian Korupsi Menurut Jeremy Pope adalah penyalahgunaan kekuasaan/kepercayaan untuk kepentingan pribadi atau suatu perilaku yang tak mematuhi prinsip dalam mempertahankan jarak.
  21. Pengertian Korupsi Menurut Johnston adalah tingkah laku yang menyimpang dari tugas resmi di dalam perang sebagai pegawai pemerintah, baik yang dipilih maupun yang diangkat karena kekayaan yang dianggap milik sendiri seperti pribadi, keluarga dekat ataupun kelompok sendiri. Atau perolehan status atau yang melanggar aturan pada pelaksanaan jenis tertentu dari pengaruh yang dianggap milik sendiri.
  22. Pengertian Korupsi Menurut Anwar adalah penyalahgunaan amanah untuk kepentingan pribadi.
  23. Pengertian Korupsi Menurut Mohtar Mas’oed adalah perilaku yang menyimpang dari kewajiban formal suatu jabatan publik, karena kehendak dalam mendapatkan keuntungan ekonomis atau status bagi diri sendiri, dan keluarga dekat.
  24. Pengertian Korupsi Menurut Alfiler adalah suatu perilaku yang dirancang sesungguhnya, yang merupakan perilaku yang menyimpang dari norma yang diharapkan dengan sengaja dilakukan demi memperoleh imbalan material atau penghargaan yang lainnya.
  25. Pengertian Korupsi Menurut Prof R.Subekti, SH. dan Tjitrosudibio adalah perbuatan curang tindakan pidana yang dapat membuat rugi keuangan negara dan perusahaan.
  26. Pengertian Korupsi Menurut Prof. Subekti adalah suatu tindakan perdana yang memperkaya diri yang secara langsung merugikan negara atau perekenomian negara.
  27. Pengertian Korupsi Menurut Jacob Van Klaveren adalah jika seorang abdi negara atau pegawai negeri yang berjiwa korup, menganggap kantor/instalasinya menjadi perusahaan dagang, hingga dalam pekerjaannya diusahakan pendapatannya dan akan diusahakan semaksimal mungkin.
  28. Pengertian Korupsi Menurut Huntington adalah suatu perilaku dari pejabat publik yang menyimpang, dari norma yang diterima oleh masyarakat. Dan perilaku menyimpang ini ditujukan dalam rangka memenuhi kepentingan pribadi.
  29. Pengertian Korupsi Menurut Dr. Kartini Kartono adalah suatu tingkah laku yang memakai jawaban dan wewenang untuk mengeruk keuntungan pribadi, dan merugikan kepentingan umum.
  30. Pengertian Korupsi Menurut Nye, J.S dalam Corruption and political development adalah perilaku menyimpang dari aturan etis formal, yang menyangkut tindakan seseorang di dalam posisi otoritas publik yang disebabkan oleh motif pertimbangan pribadi, seperti kekayaan, kekuasaan dan status.

Demikianlah pengertian korupsi menurut para ahli serta pembahasannya lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan anda, dan memberi manfaat bagi kita semua.
Baca Juga :