27 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

27 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli – Dunia pendidikan tentu tak lepas dari kurikulum. Kurikulum adalah sebuah perangkat dari mata pelajaran serta program pendidikan, yang diberikan oleh lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberi pendidik pada para peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Kurikulum tidak sembarangan dibuat, tetapi disesuaikan dengan keadaan serta kemampuan setiap jenjang pendidikan dan juga kebutuhan lapangan pekerjaan.

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

UU No. 20 Tahun 2003
Kurikulum adalah seperangkat rencana serta pengaturan yang berhubungan dengan tujuan, isi, bahan ajar serta cara yang dipakai pada pedoman, dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran demi mencapai tujuan pendidikan nasional.
Dr. H. Nana Sudjana Tahun (2005)
Kurikulum adalah niat dan harapan yang dituangkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan, yang dilaksanakan oleh setiap pendidik di sekolah. Kurikulum juga menjadi niat dan rencana, sedangkan pelakasanaannya merupakan proses belajar mengajar. Yang terlibat dalam proses ini adalah pendidik dan juga perserta didik.
Drs. Cece Wijaya, dkk
Kurikulum adalah keseluruhan program dan kehidupan didalam sekolah.
Prof.Dr. Henry Guntur Tarigan
Kurikulum adalah suatu formulasi pedagogis yang termasuk paling utama dan terpenting dalam konteks proses belajar mengajar.
Harsono (2005)
Kurikulum adalah gagasan pendidikan yang diekspresikan melalui praktik. Pengertian kurikulum semakin berkembang, sehingga yang dimaksud dengan kurikulum tak hanya gagasan pendidikan saja tapi juga semua program pembelajaran yang terencana dari institusi pendidikan nasional.
Prof. Dr. S. Nasution, M. A.
Kurikulum adalah rencana yang disusun untuk melancarkan proses kegiatan belajar mengajar di bawah naungan, bimbingan & tanggunga jawab sekolah / lembaga pendidikan.
Hasan (1992)
Kurikulum bersifat fleksibilitas. Yang merupakan pemikiran kependidikan bagi diklat, hingga dalam posisi teoritik harus dikembangkan dalam kurikulum yang menjadi sesuatu yang terencana serta dianggap sebagai kaidah pengembang kurikulum tersebut.
Prof. Drs. H. Darkir
Kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Sehingga kurikulum merupakan program pendidikan serta bukan program pengajaran, hingga program itu direncanakan serta dirancang sebagai bahan ajar serta pengalaman belajar.
Hamid Hasan (1988)
Konsep kurikulum ditinjau dari empat konsep, yaitu :

  • Sebagai suatu ide, yang dihasilkan melalui teori-teori dan penelitian
  • Sebagai rencana tertulis, yaitu menjadi perwujudan kurikulum sebagai ide yang di dalamnya terdapat tujuan, bahan ajar, aktifitas belajar, alat-alat atau media, dan waktu pembelajaran.
  • Sebagai kegiatan yang menjadi pelaksanaan dari kurikulum sebagai rencana yang tertulis yaitu dalam bentuk praktek pembelajaran.
  • Sebagai hasil, yaitu konsekuensi dari kurikulum yang menjadi kegiatan melalui ketercapaian tujuan kurikulum pada peserta didik.

Kerr, J.F (1968)
Kurikulum adalah pembelajaran yang dirancang serta dilakukan oleh individu/kelompok baik di dalam atau di luar sekolah.
George A. Beaucham (1976)
Kurikulum adalah dokumen tertulis yang berisi seluruh mata pelajaran yang akan diajarkan pada peserta didik melalui pilihan beragam disiplin ilmu serta rumusan masalah di kehidupan sehari-hari.
Murray Print
Kurikulum adalah ruang pembelajaran yang direncanakan, diberi secara langsung pada peserta didik oleh lembaga pendidikan, serta menjadi pengalaman yang dapat dinikmati oleh semua peserta didik saat kurikulum tersebut diterapkan.
Good V.Carter (1973)
Kurikulum merupakan sekumpulan kursus ataupun urutan pembelajaran yang sistematik.
Inlow (1966)
Kurikulum adalah usaha menyeluruh yang dirancang khusus untuk membimbing peserta didik dalam mendapatkan hasil belajar, dari pembelajaran yang telah ditetapkan.
Daniel Tanner & Laurel Tanner
Kurikulum adalah pengalaman pembelajaran terarah, yang terencana dengan sistematis dan tersusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalama. Dan juga berada di bawah pengawasan lembaga pendidikan hingga para peserta didik mempunyai motivasi dan minat belajar yang tinggi.
Neagley dan Evans (1967)
Kurikulum adalah sebuah pengalaman yang sudah dirancang dari pihak sekolah untuk membantu peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang baik.
Hilda Taba (1962)
Kurikulum dianggap sebagai a plan of learning yang artinya bahwa kurikulum merupakan sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh peserta didik.
Grayson (1978)
Kurikulum adalah perencanaan dalam mendapatkan pengeluaran yang diharapkan dari pembelajaran yang diharapkan.
Crow and Crow
Kurikulum adalah rancangan pengajaran yang tersusun dengan sistematis dalam menyelesaikan program dalam mendapatkan ijazah.
William B. Ragam & Robert S. Flaming
Kurikulum adalah keseluruhan pengalaman peserta didik yang menjadi tanggung jawab pihak sekolah/lembaga.
David Praff
Kurikulum adalah seperangkat organisasi dari pendidikan formal / pusat-pusat pelatihan pembelajaran.
Saylor (1958)
Kurikulum adalah keseluruhan usaha dari pihak sekolah dalam memengaruhi PBM baik secara langsung dalam kelas, tempat bermain, ataupun di luar sekolah.
Valiga, T & Magel, C
Kurikulum adalah urutan pengalaman yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah dalam mendisiplinkan cara berpikir dan bertindak setiap peserta didik.
Bara, Ch (2008)
Konsep kurikulum yaitu :

  1. Kurikulum sebagai suatu produk;
  2. Sebagai program;
  3. Sebagai hasil yang diinginkan atau dicapai;
  4. Sebagai pengalaman belajar.

Donald E. Orlasky, Othanel Smith (1978) & Peter F. Olivva (1982)
Kurikulum adalah bentuk perencanaan atau program dari pengalaman peserta didik yang diarahkan serta dikembangkan sekolah.
Beauchamp (1968)
Kurikulum adalah dokumen tertulis yang kandungannya berisi mata pelajaran yang akan diajarkan pada peserta didik dengan melalui beragam mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, dan rumusan masalah di kehidupan sehari-hari.
Wikipedia
Kurikulum adalah mata pelajaran serta program pendidikan yang diberikan lembaga pendidikan yang isinya adalah rancangan pekerjaan, yang akan diberi pada peserta ke dalam pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.
Sekian pengertian kurikulum menurut para ahli dan penjelasannya lengkap. Semoga artikel ini dapat mewakili pengertian kurikulum seutuhnya. Semoga bermanfaat.
Baca Juga :