12 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Lengkap

1 min read

12 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli – Promosi adalah upaya dalam memberitahukan/menawarkan produk/jasa yang tujuannya untuk menarik pembeli. Dengan adanya promosi, maka produsen/distributor berharap kenaikan pada angka penjualan.

Promosi merupakan usaha perusahaan dalam menciptakan kesadaran, memberi tahukan membujuk dan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk yang di tawarkan perusahaan.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Swastha, Promosi adalah arus informasi/persuasi satu arah yang dibuat untuk memengaruhi seseorang/organisasi pada tindakan yang menciptakan pertukaran di dalam pemasaran.
  2. Menurut Boyd, Promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.
  3. Menurut Boone dan Kurtz, Promosi adalah proses menginformasikan, membujuk,dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.
  4. Menurut Suryana, Promosi adalah cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang di tawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli.
  5. Menurut Kusmono, Promosi adalah usaha yang dilakukan pasar untuk mempengaruhi pihak lain agar berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran.
  6. Menurut Madura, Promosi adalah tindakan menginformasikan atau mengingatkan tentang spesifikasi produk atau merek.
  7. Menurut Tjiptono, Promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran. Artinya aktivitas pemasaran berusaha untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya supaya bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
  8. Menurut Swastha dan Irawan, Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah untuk mengarahkan seorang atau organisasi terhadap tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
  9. Menurut Sistaningrum, Promosi adalah upaya/kegiatan dalam perusahaan untuk memengaruhi konsumen aktual atau konsumen potensial supaya mereka mau melakukan pembelian pada produk yang ditawarkan saat ini atau di masa yang akan datang.
  10. Menurut Gitosudarmo, Promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk memengaruhi konsumen supaya mereka kenal dengan produk yang ditawarkan perusahaan pada mereka. Lalu mereka senang dan membeli produk tersebut.
  11. Menurut Kotler, Promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.
  12. Menurut Rambat Lupiyoadi, Promosi adalah salah satu variable dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa. Kegiatan promosi ini bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, tapi juga sebagai alat untuk memengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian/pemakaian jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Demikianlah Pengertian Promosi Menurut Para Ahli lengkap dengan penjelasannya. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan anda.
Baca Juga :