12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

12 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian PTK Menurut Para Ahli – Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bidang pendidikan, terutama dalam kegiatan pembelajaran, berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat untuk tenaga pendidik, dalam memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran dalam proses pembelajaran.

PTK adalah penelitian yang mengangkat masalah aktual yang dihadapi oleh guru/dosen di lapangan. Masalah dalam kelas atau ruang kuliah bisa diselesaikan dengan dicari solusinya dengan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

Istilah PTK dikenal juga dengan Classroom Action Research. PTK merupakan bagian dari penelitian tindakan (Action Research).
Suharsimi Arikunto (2006)
PTK adalah pencermatan pada kegiatan pembelajaran yang berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan serta terjadi dalam sebuah kelas dengan bersamaan. PTK adalah kegiatan ilmiah yang terdiri dari Penelitian Tindakan Kelas. Yaitu :

  • Penelitian. Adalah kegiatan mencermati objek yang menggunakan aturan metodologi dalam mendapatkan data/informasi yang bermanfaat. Dalam meningkatkan mutu sesuatu yang menarik minat dan juga penting untuk peneliti.
  • Tindakan. Adalah gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan suatu tujuan dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan.
  • Kelas. Adalah sekelompok peserta didik yang sama serta menerima pelajaran yang sama dengan seorang pendidik.

    Sulipan, M.Pd

PTK adalah penelitian yang dilakukan di sebuah kelas untuk mengetahui akibat dari tindakan yang diterapkan di suatu subjek penelitian kelas itu.
Kunandar (2008)
PTK adalah tindakan yang menjadi kegiatan yang dilakukan pendidik atau bersama dengan orang lain yang tujuannya yaitu untuk meningkatkan/memperbaiki mutu proses pembelajaran dalam kelas.
Suhardjono (2007)
PTK adalah tindakan penelitian yang dilakukan di ruang kelas yang tujuannya untuk memperbaiki/meningkatkan mutu proses/praktik pembelajaran.
Suyanto (1997)
PTK adalah bentuk penelitian yang sifatnya reflektif dengan melakukan suatu tindakan, untuk memperbaiki/meningkatkan praktek pembelajaran kelas dengan lebih profesional. Sehingga PTK berhubungan dengan persoalan praktek pembelajaran sehari-hari yang dialami pendidik.
Wina (2009)
PTK adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan pendidik dalam meningkatkan kualitas peran serta tanggung jawab sebagai pendidik, terutama dalam pengelolaan pembelajaran.
Rustam & Mundilarto (2004)
PTK adalah tindakan kelas yang menjadi penelitian yang dilakukan pendidik di kelasnya sendiri, dengan cara merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif. Tujuannya untuk memperbaiki kinerjanya sebagai pendidik sehingga hasil belajarnya menjadi optimal.
Rochman Nata Wijaya (1977)
PTK adalah pengkajian pada permasalahan praktis yang sifatnya situasional serta konstektual yang ditujukan dalam menentukan tindakan yang tepat dalam rangka pemecahan masalah yang dihadapi atau dalam memperbaiki sesuatu.
Hopkins (1993)
PTK adalah tindakan di kelas dalam membantu seseorang dalam mengatasi persoalan dengan praktis, yang dihadapi dalam situasi darurat dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial serta ilmu pendidikan. Dengan kerja sama dan dalam rangka etika yang disepakati bersama. PTK juga merupakan kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan, oleh sekelompok pendidik dalam melakukan tindakan pada proses pembelajaran. Berdasarkan refleksi mereka tentang hasil dari tindakan tersebut.
Kemmis dan Mc. Taggart (1988)
PTK adalah bentuk refleksi diri kolektif yang dilakukan peserta dalam situasi sosial dan meningkatkan penalaran serta keadilan praktik tersebut dan juga pada situasi tempat dilakukannya praktik tersebut.
John Elliot
PTK adalah kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan didalamnya.
Harjodipuro
PTK adalah pendekatan dalam memperbaiki pendidikan dengan melalui perubahan, dengan mendorong para guru dalam memikirkan praktik mengajarnya sendiri, supaya krisis dalam praktik itu mau tak mau harus diubah.
Dalam hakikatnya PTK adalah suatu kegiatan dalam rangka pendidik yang bersedia untuk menginstropeksi diri, bercermin, merefleksi atau mengevaluasi dirinya sendiri sehingga kemampuannya sebagai seorang pendidik diharapkan cukup profesional dan berpengaruh terhadap kualitas dan mutu pendidikan.
Demikian Pengertian PTK Menurut Para Ahli yang lengkap dengan penjelasannya. Semoga dapat dipahami dengan baik dan bermanfaat bagi anda semua.
Baca Juga :